KATA PENGANTAR
Syukur alhamdulillah, merupakan satu kata yang
pantas kami ucapkan kepada Allah SWT, yang karena bimbingan-Nya maka kami dapat
menyelesaikan sebuah makalah berjudul " efek dari reed valve yang rusak
"
Penggunaan motor bakar dalam yang kian meluas dalam
pengunaanya yaitu bukan hanya digunakan
untuk kendaraan kendaraan bermotor saja teteapi dimanfaatkan untuk kepentingan
lainnya seperti untuk menggeraka generator dan mesin-mesin lainnya yang
menggunakan putaran sebagai sumber tenaga seperti alat karya teknologi tepat
guna.
Mesin motor bakar sering digunakan karena
kemudahaan yang diberikan dari mesin tersebut seperti mudahnya mendapatkan
bahan bakar, tenaga yang maksimal walau bahan bakar didalam mesin semakin
sedikit tidak seperti motor listrik ketika arus listrik semakin sedikit tenaga
semakin menurun , dan tenaga serta putaran yang dihasilkanpun lebih besar dari
motor listrik.
Seiring berjalannya waktu pemakaian suatu mesin
motor bakar dalam maka akan munculah permasalahan yang dialami oleh suatu mesin
motor bakar dalam penyebabnya pun beragam seperti lamanya usia pakai serta perawatan yang tidak
teratur dan tidak baik maka perlulah mempelajari bagaimana menganalisa serta
dapat mengetahui penyebab rusaknya komponen dalam suatu mesin agar dapat
memperbaiki atau menggantinya untuk menggembalikan performa atau ketahanan dari
suatu mesin seperti sebelum terjadi kerusakan.
Penulis menyadari bahwa masih sangat banyak
kekurangan yang mendasar pada makalah ini. Oleh karena itu kami mengundang pembaca
untuk memberikan kritik dan saran yang bersifat membangun untuk kemajuan ilmu
pengetahuan ini.
Terima
kasih dan semoga makalah ini dapat memberikan sumbangsih positif bagi kita
semua.
Yogyakarta,
18 april 2014
Penulis
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar belakang
Secara umum reed valve ( katup buluh ) atau sering kali
disebut membran pada mesin motor bakar dua langkah berada di antara karburator
dan saluran masuk (inlet port) komponen ini berfungsi mengatur waktu pemasukkan
bahan bakar kedalam bak engkol (karter) atau bekerja membuka dan menutup
saluran masuk agar campuran bahan bakar yang masuk tidak dapat keluar lagi dari
bak engkol karena sudah ditutup.
Berbeda dengan mesin empat langkah yang campuran bahan
bakarnya langsung dimasukkan kedalam ruang bakar sedangkan pada mesin dua
langkah campuran bahan bakar masuk kedalam bakar atau bak engkol terlebih
dahulu maka disinilah pentingnya peran dari reed valve (katup buluh) yang ada
peada mesin dua langkah.
Karena reed valve (katup buluh) bekerja berdasarkan
kevakuman dan tekanan yang terjadi didalam bak engkol (karter) maka perlu
dijaga kerapatan dari reed valve tersebut walaupun yang menjaga kevakuman dan
tekanan pada bak engkol bukan karena reed valve saja tetapi masih terdapat
komponen lainnya seperti seal kruk as, ring piston dan packing pada blok
silinder.
Akan tetapi pada makalah berikut ini hanya akan membahas
permasalahan yang terjadi pada reed valve saja seperti yang penulis alami
beberapa minggu yang lalu.
B. Rumusan masalah
2. Apa yang menyebabkan reed valve tidak bekerja dengan semestinya.
3. Bagaimana cara mengatasi permasalahan yang terjadi pada reed valve.
C. Tujuan masalah
2. Dapat mengetahui penyebab kerusakan pada reed valve agar kita dapat menghindari atau meminimalisir kerusakan yang ditimbulkan dari penyebab tersebut.
3. Dapat memperbaiki dan menggantinya dengan peralatan yang ada.
BAB II
DASAR TEORI
A.
Katup buluh
Katup buluh ini memiliki nama resmi Reed Valve atau dalam
bahasa Indonesia adalah Katup Buluh. Agak sedikit aneh memang, tapi yang itulah
namanya. Berbeda dengan katup yang ada pada mesin 4 Tak, katup ini tidak perlu
mekanis yang mengandalkan putaran mesin seperti pada katup 4 Tak. Pada dasarnya
jauh berbeda dengan katup 4 Tak.

Reed Valve hanya ada pada mesin bakar 2Tak yang intinya
adalah sebagai pintu dari masuknya bahan bakar dan udara yang telah di campur
didalam karburator sebelumnya. Reed valve ini juga dapat berfungsi sebagai
penghalang agar tidak terjadinya “lift off” atau terbakarnya bahan bakar diluar
silinder terutama dalam karburator.
Reed Valve pada umumnya tidak membutuhkan perangkat
elektronik atau mekanisme lain, murni hanya mengandalkan vacumm pada gerak piston.
Reed valve ini juga dapat disetting untuk “bukaan” katup saat piston sedang
melakukan langkah hisap. Sederhananya, jumlah bahan bakar yang masuk kedalam
silinder juga dapat di atur lewat Reed Valve ini. Cara mengaturnya adalah
dengan cara mengatur sudut bukaan katup dan mengatur “kekerasan” untuk membuka
katup ini.
Cara kerja dari Reed Valve ini adalah saat piston melakukan
langkah pertama (Langkah Hisap) maka akan terjadi kevacumman yang cukup besar
di dalam silinder, nah lewat kevacumman itulah Reed Valve ini akan terbuka lalu
kevacumman ini akan terus menjalar hingga ke karburator mesin sehingga terjadi
pencampuran bahan bakar dengan udara di karburator lalu masuk kedalam silinder
lewat Reed Valve itu tadi.
Lalu apakah Reed valve akan terus terbuka selama mesin
bekerja? Tidak, saat langkah hisap sudah selesai maka berlanjutlah ke langkah
kompresi (Dasar hukum gerak piston). Dalam langkah kompresi tekanan dalam
silinder tidak ada lagi vacumm melainkan menjadi tinggi tekanan dan Reed Valve
akan tertutup. Cara agar Reed Valve tertutup adalah dari desain Reed Valve itu
sendiri yang menyerupai One Way Clutch. Yaitu katup hanya dapat terbuka dari
satu arah saja.
Setelah langkah kompresi selesai, maka masuk ke dalam
langkah ekspansi. Dalam langkah ini piston melakukan dua pekerjaan didalam satu
langkah. Yaitu membuang gas sisa pembakaran dan sekaligus menghisap kembali
bahan bakar dan udara baru. Begitu seterusnya.
Reed
valve hanya ada pada saluran masuk ya. Tidak ada pada exhaust
![]() |
B.
Bagian atau komponen dari reed valve

1. Stopper, adalah bagian yang memegang lidah membrane serta
berbeperan mengatur tinggi bukaan lidah membrane agar pemasukan bahan bakar
tidak terlalu banyak dan sesuai yang diinginka pada saat disetel perubahan
tinggi stopper akan sangat bepengaruh pada karakter mesin sepeda motor semakin
tinggi stopper maka di putaran bawah tenaga sangat besar karena bahan bakar
yang masuk semakin banyak tapi buka tutup membran berlangsung lambat maka mesin
akan sulit mencapai putaran yang tinggi begitu juga sebaliknya.
2. Reed petal, sebutan lain dari lidah membran itu sendiri,
bagian utama dari Reed Valve, bagian
ini yang berperan membuka dan menutup saluran masuk pada bak engkol dan
merupakan bagian yang harus dijaga kerapatannya agar kevakuman dan tekanan di
bak engkol terjaga serta dapat menentukan karakter dari suatu mesin tergantung
dari luas penampang lidah membran tersebut semakin lebar maka laju aliran
fluida semakin lancar dan jumlah bahan bakar yang masuk semakin banyak makan
tenaga akan bertambah baik diputaran atas maupun putaran bawah.
3. Base, adalah rumah dari komponen-komponen membran. Atau tempat meletakan komponen membran yang
mengghubungkan dengan mesin bentuk rumah membrane juga mempengaruhi karakter
mesin selain dari lebar luas penampang lubang masuknya bahan bakar tetapi juga
pada besar sudut "V" pada
rumah membrane semakin besar sudut "v" membrane maka tenaga diputaran
atas sangat kecil karena bahan bakar yang masuk semakin sedikit tapi buka tutup
membran dapat berlangsung cepat maka mesin akan mudah mencapai putaran yang
tinggi begitu juga sebaliknya.
BAB IV
ANALISIS URAIAN MASALAH
A. Analisis masalah yang terjadi
Reed valve yang ada pada motor Yamaha v75 mengalami
kerusakan pada:
- Rumah membran atau base mengalami
kerusakan yaitu karet karbon yang menempel pada rumah membran sudah mengecap
atau membekas alur dari lidah membran dan sudah tidak rata lagi permukaanya
sehingga tidak dapat menutup rapat akibat yang ditimbulkan akan terjadi
kebocoran yang mempengaruhi kevakuman dan tekanan pada bak engkol menjadi lebih
kecil membuat bahan bakar yang masuk akan lebih sedikit dan dapat keluar
kembali menuju karbrator maka mesiin motorpun akan sulit dihidupkan.

Gambar a
- stopper mempunyai tinggi yang berbeda
karena tingginya yang berbeda maka buka tutup membran satu dengan yang lainnya
berbeda akibat dari perbedaan itulah membuat putaran mesin tidak akan stabil
atau langsam sering disebut putaran idle sepeda motorpun tidak akan melaju
dengan mulus.

Gambar 2a
- lidah membran pada Yamaha v75 terbuat
dari lembaran plat tipis mengalami tekukan yang tajam dibagian dekat stopper
dan sudah tidak dapat lurus membuat membran terbuka sedikit atau sering disebut
mangap sehingga tidak dapat menutup rapat akibat yang ditimbulkan akan terjadi
kebocoran yang mempengaruhi kevakuman dan tekanan pada bak engkol menjadi lebih
kecil membuat bahan bakar yang masuk akan lebih sedikit dan dapat keluar
kembali menuju karbrator maka mesiin motorpun akan sulit dihidupkan.

Gambar 3a
B.
URAIAN PENYEBAB MASALAH
-
Rumah membran mengalami kerusakan karena usai pakai motor Yamaha v75 yang sudah
lama sekali dan belum pernah mengganti rumah membrane sejak awal pembelian
serta akibat dari setelan karburator yang terlalu irit membuat mesin cepat panas
dan sering mengalami panas berlebih (over heat) membuat rumah membran yang
permukaanya dari karet karbon menjadi getas,rapuh dan lunak maka akan merusak
seperti pada gambar a.
- Stopper mengalami perbedaan tinggi karena penyetelan yang
tidak tepat yang menghasilkan kepresisian pada saat penyetelan karena
keterbatasan manusia seperti pada gambar 2a.
- lidah membran mengalami kerusakan tertekuk seperti gambar
3a selain diakibatkan lamanya usia pemakaian tetapi karena penyetelan stopper
yang terlalu tinggi membuat lidah membran terbuka lebar secara ekstrim dan
membuat tekukan yang membekas dan tidak dapat kembali seperti semula.
C.
PEMECAHAN MASALAH
- Rumah membrane yang mengalami
kerusakan seperti pada gambar a dapat diperbaiki dengan membuat rumah membrane
menjadi rata lagi dengan melapisinya dengan plastic steel atau dengan lem
paking sehingga mempunyai bentuk seperti sedia kala lihat hasilnya pada gambar
b.

Gambar b
- Stopper yang mengalami masalah
seperti perbedaan ketnggian hanya memerlukan penyetelan ulang yang lebih teliti
atau dengan dibuatkan mal untuk memudahkan dalam penyetelan contoh gambar 2b
stopper hasil penyetelan ulang yang lebih teliti.

Gambar 2b
- lidah membran terbuat dari pelat
baja yang sangat tipis sehingga tidak dapat dilakukan penyetelan maka perbaikan
yang dapat dilakukan adalah dengan menggantinya dengan yang baru contoh lidah
membrane yang baru pada gambar 3b.

Gambar 3b
BAB V
PENUTUP
A.
Kesimpulan
Reed valve merupakan kompenen yang penting dalam sebuah
mesin dua langkah yang menjaga kevakuman dan
tekanan pada bak engkol bila system tersebut bermasalah maka mesin
mempunyai kendala seperti susah hidup, putaran yang tidak stabil dan borosnya
bahan bakar.
B.
Saran
Lakukan perawatan yang rutin pada sepeda motor serta lakukan
penyetelan sesuai yang ditetapkan oleh prosdusen mesin tersebut. karena
penyetelan yang tidak tepat akan merusak komponen pendukung lainya selain reed valve
yang akan rusak dan hal inipun mengakibatkan mesin sepeda motor tidak akan stasioner ketika mesin dihidupkan.
Salam dri malaysia .. saya ingin bertanyakan masalah motorsikal suzuki phanter (RGR). 1 sukar hidup 2 lidah reed petals sering koyak ... harap agar tuan boleh beri sedikit nasihat... kita rider tiada beza...��
ReplyDeletesukar hidup coba kau chek sparkplug apakah basah, berkerak hitam itu karena set up you carburetor and oil pump tak sesuai...
ReplyDeletecobalah ganti reed valve dengan membran carbon dan ganti bolt atau baut dengan yg lebih besar
Klep atau katup atau bahasa inggrisnya yakni valve memiliki fungsi yaitu sebagai pengatur masuknyaCara Memperbaiki Katup (Valve) Yang Rusak dan Penyebabnya
ReplyDeleteTerimkasih bnyak gan informasinya.
ReplyDeleteterima Kasih om ilmu ny saya mau tanya apakah membran rx king sama dengan rx special
ReplyDeletebarusan ane ngalamin yg begitu,,, putaran rendah ok,,giliran putaran atasnya loyo! bengkelnya main bongkar aja, setelanstopernya nggak memuaskan,, 30 rb,,mubazir,, tapi ya buat pengalaman
ReplyDeleteMasalah motor saya sama nih putaran rendah Ok,, giliran putaran tinggi tidak ada power apa masalahnya pada Reed Valve juga ya....??
DeleteMohon pencerahan Dr suhu
Terimakasih Artikel ini sangat membantu saya untuk menambah pengentahuan tentang Membran..sipp
ReplyDeleteAttikel ini sangat berguna sekali
ReplyDeleteAttikel ini sangat berguna sekali
ReplyDeleteMaaf mau tanya, apabila rx king tanpa rumah membran akan merusak mesin tidak?
ReplyDeleteMari bergabung bersama kami sekarang di WDQQ . ORG
ReplyDeleteDisini mudah menang lohh say..
Tersedia 8 Games dalam 1 id
Minimal Depo & WD hanya 50 ribu saja
Ada bonus menarik lain yang menunggu di WDQQ . ORG
Contact :
BBM ; D8B8BD43
Line : wedeqq
WhatsApp : +855-882-626-517 ( 24 jam Online )
Tunggu apa lagi sayy
Ayoo daftar di WDQQ . ORG
Motor y80 setelah di leamer naik oversize 50 motor trouble di bagian karburator tdk langsam dan susah di sering dan apakah pengaruh dri sel askruk pecah dan membran..motor klo di angkat gas ngok dan mati..harus di tutup moncong karbu pakai tangan baru hidup dan mati lagi.. solusinya bos apa..
ReplyDeleteMau tanya..,motor sy yamaha RD 125 menggunakan 2 karbu,klo sy bunyikan mesin kenalpot yg sebelah kanan saja yg panas sedang knalpot yg kiri tetap dingin, pertanyaan sy apa penyebabnya sehingga dia seperti itu dan tidak bisa langsam.
ReplyDeleteBetway Casino Review & Welcome Bonus Code - JtmHub
ReplyDeleteBetway 군산 출장안마 Casino 공주 출장안마 is licensed and regulated in Kahnawake, Canada. This review 원주 출장샵 provides detailed information on the casino's bonuses, promotions, banking, 🎲 Games: 650+Withdrawal Methods: Skrill, Neteller, Paypal, LOCK BONUS: 100% up to C$1600💰 Min Withdrawal: $50🎰 Games: 1000+ Rating: 3.5 천안 출장안마 · Review by 춘천 출장안마 Bill Grinstead